Pada Hari Kamis tanggal 26 Juli 2018, Bapak Plt. Gubernur Bengkulu beserta Plt.kepala Bappeda prov. Bkl, plt. Kepala Dinas DKP, Kepala Biro Adm. Perekonomian Setda Prov Dan Kepala Badan Penghubung di Jakarta menemui Kepala Staf TNI AL di Mabes Hankam AL, Cilangkap Jakarta Timur dalam rangka memaparkan Salah satu program prioritas Provinsi bengkulu, Visit 2020 Wonderful Bengkulu. Dalam Salah satu rangkaian event tersebut yg dipaparkan dihadapan Kasal AL adalah Bencoolen International Marine Festival. Untuk mengisi festival ini Plt. Gub Bengkulu menyampaikan minatnya untuk menjadi tuan rumah Multilateral Naval Exercise Komodo yang merupakan latihan bersama dengan Angkatan Laut negara-negara sahabat dalam operasi militer selain perang yang digelar setiap dua tahun sekali, dengan tujuan untuk meningkatkan kerjasama dalam menanggulangi bencana Dan permasalahan kemanusiaan di suatu kawasan yang perlu mendapat perhatian semua negara.

Dalam latihan ini akan melibatkan angkatan laut Dari berbagai negara sahabat. Dengan kegiatan ini potensi pariwisata di Bengkulu dapat dipromosikan.

Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji sangat menyambut baik Dan mendukung minta Provinsi bengkulu untuk menjadi tuan rumah Komodo exercise ini di tahun 2020. Dalam waktu dekat, beliau akan mengutus stafnya untuk datang ke Bengkulu dalam rangka survey lokasi dan meninjau kondisi di lapangan.

Plt. Gubernur Bengkulu juga menginstruksikan Plt. Kepala bappeda serta opd terkait lainnya untuk dapat membantu persiapan agar event ini dapat terlaksana dengan baik.