Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kota Bengkulu menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Bengkulu Tahun 2019, bertempat di Hotel Rafles City Bengkulu. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Asisten II Setda Provinsi Bengkulu Yuliswani, Rabu 21 Maret 2018.

Diketahui, besaran dana pembangunan yang dialokasikan ke Kota Bengkulu yang berasal dari pemerintah pusat tahun 2018 sebesar Rp62 miliar sedangkan dari dana APBD Provinsi Bengkulu tahun 2018 sebesar Rp206 miliar.

Dengan dana sedemikian, Pemprov Bengkulu melalui Yuliswani mengharapkan dapat meningkatkan perekonomian Kota Bengkulu ke depannya. Selain itu, program prioritas Provinsi Bengkulu tahun 2019 yang menjadi acuan pada penyusunan RKPD Kabupaten/Kota Tahun 2019 sendiri diantaranya adalah Pengembangan infrastruktur ekonomi, Pengembangan produk unggulan lokal, pengentasan kemiskinan dan peretasan ketertinggalan.

Pada kesempatan ini juga, Asisten II Setda Provinsi Bengkulu Yuliswani menjelaskan bahwa Musrenbang ini merupakan kegiatan yang sangat penting untuk didukung dan diikuti. Sebab Musrenbang adalah kegiatan untuk mensinergikan program-program pembangunan baik itu dari pusat maupun nasional serta pembangunan provinsi dan kabupaten/kota.

“Saya berharap dalam Musrenbang penysunan RKPD ini menghasilkan dokumen perencanaan pembangunan yang mampu menampung aspirasi masyarakat,” harap Yuliswani.

Yuliswani pun menambahkan perencanaan pembangunan yang dihasilkan nanti harus bersifat komprehensif baik dari sisi kepentingan nasional maupun daerah, hal ini dalam rangka mewujudkan visi pembangunan Kota Bengkulu ke depan.

Oleh karena itu, Yuliswani juga mengharapkan dukungan semua pihak dalam rangka mewujudkan event Visit 2020 Wonderful Bengkulu yang salah satu rangkaiannya adalah Festival Tabot yang telah dicanangkan menjadi event nasional.

“Harus ada kesiapan dari Pemerintah Kota dan Provinsi Bengkulu untuk dapat menjual event tabut ini ke para wisatawan. Ini merupakan tugas kita semua agar event nasional ini benar-benar dapat terlaksana dengan baik,” terang Yuliswani.

Tampak hadir dalam Musrenbang ini, Waka II DPRD Provinsi Bengkulu Edison Simbolon, Plt Kepala Bappeda Provinsi Bengkulu, Waka II DPRD Kota Bengkulu Teuku Zulkarnain, Perwakilan OPD se-Kota Bengkulu serta unsur-unsur terkait.

Sementara itu, Asisten III Setda Kota Bengkulu M. Husni menjelaskan, ke depan pihaknya akan mempersiapkan keselarasan pembangunan dalam mendukung program Visit 2020 Wonderful Bengkulu. Dukungan Pemerintah Kota Bengkulu dalam mendukung program provinsi tersebut perlu diwujudkan bersama.

Kota Bengkulu sendiri tambah Asisten III memiliki akses wisata yang sangat kompleks sehingga perlu disiapkan dalam membangun sarana maupun prasarana fisik.

“Dengan program Visit 2020 Wonderful Bengkulu diharapkan akan membuka akses wisatawan untuk lebih mengenal Bengkulu, kita mengharapkan RKPD 2019 dan seterusnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas M. Husni.

Berikut 5 Program Prioritas Pembangunan Daerah 2016-2021 Pemerintah Provinsi Bengkulu (Sumber: Bappeda Provinsi Bengkulu)

1. Pengentasan Kemiskinan & Peretasan Ketertinggalan;
Pembangunan Sapras Desa Tertinggal, Pemerataan Pendidikan, Pemerataan Kesehatan, Penguatan Ekonomi Desa, Bantuan Masyarakat Miskin, Pemberdayaan Masyarakat Miskin,
2. Penguatan Komoditas Unggulan Agro-Maritim & Hilirisasi;
Intensifikasi Produk Unggulan Agro-Maritim, Diversifikasi Produk Agro-Maritim, Penguatan Distribusi dan Perluasan Pasar, Penguatan Kelembagaan dan Iptek Kelompok Tani Nelayan, Pengelolaan Agro-Maritim Sekaligus Hilirisasi, Akses Keuangan dan Permodalan,
3. Pengembangan Infrastruktur Strategi & Industrialisasi;
Buka Akses dan Konektifitas Pesisir Barat Sumatera, Pengembangan Pelabuhan Laut, Bandara, Pembangkit Listrik dan Air Bersih, Optimalisasi Potensi Pertambangan, Pengembangan Pelabuhan Pulai Baai Sebagai Poros Maritim Indonesia, Pengembangan Bandara Perintis Pulau Enggano,
4. Transformasi Birokrasi & Tata Kelola Pemerintahan Berbasis IT;
Peningkatan Kualitas Indeks Kepuasan Masyarakat Dalam Perizinan, Penempatan ASN Berdasarkan Kualifikasi Kompetensi, Penerapan E-Government, Peningkatan Kualitas Pengelolaan , Keuangan Daerah, Peningkatan Akuntabilitas Kinerja
5. Visit 2020 Wonderful Bengkulu;
Penataan Ruang Pariwisata: Alam, Sejarah, Budaya, Religi, Kuliner dan Wisata Buatan, Pengembangan Destinasi: Daya Tarik, Akses, Sapras Umum, Sadar Wisata, Penguatan Kelembagaan Pariwisata: Organisasi, SDM Terampil, Litbang, Pengembangan Pemasaran wisata: Pasar, Kemitraan, Promo Industri Pariwisata: Produk, Teknologi, Jaringan dan Event