Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Provinsi Bengkulu turut menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kegiatan Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Kepahiang Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Bappeda Kepahiang, bertempat di Guest House Kepahiang, Komplek Perkantoran Pemkab Kepahiang, Selasa 13 Maret 2018. Bappeda Provinsi Bengkulu hadir bersama Asisten I Setdaprov Bengkulu Hamka Sabri dan Kadinsos Provinsi Bengkulu Iskandar Zo.

Pada kesempatan itu, Bupati Kepahiang Hidayatullah Sjahid mengatakan, ada lima program prioritas yang akan dilaksanakan Pemkab Kepahiang dalam RKPD. Yakni pembangunan infrastruktur dasar masyarakat, sektor pendidikan, sektor kesehatan, sektor pertanian dalam arti luas, dan pengembangan sektor pariwisata.

“Ada lima program prioritas kita yakni infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pertanian dalam arti luas dan pariwisata. Dengan adanya rencana program prioritas ini, tentunya dalam hal pembagian anggaran pada tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga akan ada berbeda. Karena program yang akan dikembangkan akan menjadi prioritas untuk dilaksanakan dalam rangka mewujudkan Kabupaten Kepahiang yang maju, mandiri dan sejahtera”, kata Bupati.

Adapun Kepala Bappeda Kepahiang Ris Irianto dalam laporannya menyampaikan Musrenbang RKPD ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melaksanakan program prioritas masing-masing OPD agar selaras dengan program usulan dari masing-masing program desa dan kelurahan.

”Musrenbang dilakukan setiap tahun sekali dalam rangka untuk menampung serta membahas kegiatan yang telah dilaksanakan, maupun akan dilaksanakan baik anggaran pusat (APBN), provinsi dan kabupaten (APBD). Kegiatan Musrenbang adalah untuk menselaraskan usulan dari hasil reses DPRD, dari kelurahan maupun desa untuk disatukan, itulah nantinya, menjadi RKPD yang akhirnya akan menjadi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kepahiang tahun 2019 mendatang,” jelas Ris Irianto.

Sementara itu, pihak Bappeda Provinsi Bengkulu berharap program pemerintah provinsi dan kabupaten/kota selaras dan terjalin sinergisitas demi pembangunan yang berkelanjutan di Provinsi Bengkulu dan kesejahteraan rakyat.

Menjalin kerjasama yang sinergi serta terus melakukan koordinasi yang lebih intensif dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu dan pemerintah pusat.

Berikut 5 Program Prioritas Pembangunan Daerah 2016-2021 Pemerintah Provinsi Bengkulu (Sumber: Bappeda Provinsi Bengkulu)

Pengentasan Kemiskinan & Peretasan Ketertinggalan, Pembangunan Sapras Desa Tertinggal, Pemerataan Pendidikan, Pemerataan Kesehatan, Penguatan Ekonomi Desa, Bantuan Masyarakat Miskin, Pemberdayaan, Masyarakat Miskin, Penguatan Komoditas Unggulan Agro-Maritim & Hilirisasi, Intensifikasi Produk Unggulan Agro-Maritim, Diversifikasi Produk Agro-Maritim, Penguatan Distribusi dan Perluasan Pasar, Penguatan, Kelembagaan dan Iptek Kelompok Tani Nelayan, Pengelolaan Agro-Maritim Sekaligus Hilirisasi, Akses Keuangan dan Permodalan, Pengembangan Infrastruktur Strategi & Industrialisasi, Buka Akses dan Konektifitas Pesisir Barat Sumatera, Pengembangan Pelabuhan Laut, Bandara, Pembangkit Listrik dan Air Bersih, Optimalisasi Potensi Pertambangan, Pengembangan Pelabuhan Pulai Baai Sebagai Poros Maritim Indonesia, Pengembangan Bandara Perintis Pulau Enggano, Transformasi Birokrasi & Tata Kelola Pemerintahan Berbasis IT, Peningkatan Kualitas Indeks Kepuasan Masyarakat Dalam Perizinan, Penempatan ASN Berdasarkan Kualifikasi Kompetensi Penerapan E-Government, Peningkatan Kualitas Pengelolaan Keuangan Daerah, Peningkatan Akuntabilitas Kinerja, Visit 2020 Wonderful Bengkulu, Penataan Ruang Pariwisata Alam, Sejarah, Budaya, Religi, Kuliner dan Wisata Buatan, Pengembangan Destinasi Daya Tarik, Akses, Sapras Umum, Sadar Wisata, Penguatan Kelembagaan Pariwisata Organisasi, SDM Terampil, Litbang, Pengembangan Pemasaran wisata Pasar, Kemitraan, Promo Industri Pariwisata Produk, Teknologi, Jaringan dan Event