Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Provinsi Bengkulu menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Teknis Perencanaan Pembangunan Tahun 2018 Regional I di Jogjakarta, Senin 26 February 2018

Acara diawali dengan laporan ketua panitia yaitu Ibu Dirjen Bangda Kemendagri, dilanjutkan dengan sambutan Gubernur DIY, sambutan Menteri Dalam Negeri dan Sambutan Menteri Bappenas

Rapat tersebut dihadiri oleh beberapa Provinsi  Sumatra bagian Selatan , Sumatra bagian Utara dan Bali . Hadir dari Provinsi Bengkulu adalah Bapak Sekretaris Provinsi Bengkulu, ibu Plt. Kepala. Bappeda Provinsi Bengkulu, Kepala dinas terkait beserta jajaran ASN yg akan membahas usulan untuk APBN dari Bappeda Provinsi Bengkulu.

Koordinaai Teknis Perencanaan Pembangunan (KORTEKRENBANG) Tahun 2018 dilaksanakan dengan tema “ Mewujudkan Perencanama Pembangunan Nasional yang Efektif dalam Pencapaian Target Akhir Nawacita”

Tujuan dari KORTEKRENBANG ini adalah untuk membahas usulan program/kegiatan KL yang diusulkan daerah dalam rangka Pencapaian Target Pembangunan Nasional serta untuk Penyelasaran Program/Kegiatan KL dan daerah Koordinasi.

KORTEKRENBANG ini  berlangsung hingga jumat tgl 2 maret dengan mekanisme pembahasan usulan per desk sesuai urusan pemerintah oleh bappenas, kemendagri, bappeda dan opd terkait Melalui KORTEKRENBANG, diharapkan dapat mencapai target makro nasional 2019 yaitu pertumbuhan ekonomi 5,4-5,8 persen, Inflasi 2,5-4,5 persen, Kemiskiman 7-8 persen, IPM 71,98 dan Gini ratio 0,36 .

KORTEKRENBANG diutamakan untuk Membahasa Prioritas Nasional yaitu Pembangunan Manusia, Pengurangan Kesenjangan antar Wilayah, Peningkatan Nilai Tambah Ekonomi, Pemantapan Ketahanan Energi, Pangan dan SDA serta Stabilitas Keamanan Nasional dan Kesuksesan Pemilu Dasar Substansi Pembahasan dalam KORTEKRENBANG ini menggunakan aplikasi SIMLARAS yg terintegrasi dengan Data Aplikasi KRISNA yang berisi Penjabaran Proyek K/L di Tiap-tiap Prioritas Nasional.