Forum Konsultasi Publik Penyusunan Rancangan Awal RKPD Tahun 2022

FORUM KONSULTASI PUBLIK RANCANGAN AWAL RKPD PROVINSI BENGKULU TAHUN 2022

Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Bengkulu Tahun 2022 sesuai dengan ketentuan Pasal 80 Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 untuk tahap Penyusunan Ranwal RKPD, BAPPEDA Provinsi bengkulu melalui Bidang Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah melaksanakan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Provinsi Bengkulu Tahun 2022 pada hari Kamis, 04 Januari 2021 bertempat di Hotel Splash Bengkulu

Acara ini dibuka langsung dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Bapak Hamka Sabri, M.Si dan tiga pemateri lainnya yaitu : Anggota DPRD Komisi I (JONAIDI, SP, MM), Sekretaris BAPPEDA Provinsi Bengkulu (Ir. R. TITUS CHANDRA ERWANA), dan Kasubbid Pengendalian, Evaluasi dan Pelaporan (MGS. M. RIZQI AL FADLI, S.IP, M.Si), serta Kasubbid Data dan Informasi (ANGGADI GRANANG, S.IP., M.A.P) yang menjadi moderator acara.

Pada forum ini diikut sertakan perwakilan-perwakilan dari OPD Provinsi Bengkulu, Lembaga Swadaya Masyarakat/Organisasi Masyarakat Sipil, Tokoh Masyarakat/Tokoh Adat, Dunia Usaha/Badan Usaha, Asosiasi Profesi, Akademisi, Instansi Vertikal, dan Stakeholder Pendamping. Forum Konsultasi Publik merupakan rangkaian tahapan yang dilaksanakan dalam penyusunan perencanaan pembangunan tahunan sebelum perumusan rancangan  akhir  RKPD. Rancangan  Awal RKPD dibahas  bersama  dengan  kepala Perangkat Daerah dan pemangku kepentingan dalam forum konsultasi publik untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan. Masukan dan saran tersebut akan dituangkan dalam Berita Acara kesepakatan dan ditandatangani oleh Kepala BAPPEDA dan Kepala Perangkat Daerah serta perwakilan instasi yang hadir pada konsultasi publik. Kesepakatan ini akan menjadi bahan masukan yang penting dalam pelaksanaan Musrenbang Provinsi Tahun 2022, yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 April 2021

Selain secara langsung tatap muka, Forum Konsultasi Publik RKPD Tahun 2022 yang dilaksanakan pada hari ini, juga dapat dilakukan secara online melalui USUL BANG (Pengusulan Pembangunan Bengkulu) yang dapat diakses di website bappeda.bengkuluprov.go.id atau juga dapat disampaikan melalui saluran media sosial Bappeda Provinsi Bengkulu. Upaya ini dilakukan sebagai bentuk fasilitas Pemerintah Provinsi Bengkulu terhadap pemenuhan kebutuhan dan keinginan masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam proses perencanaan pembangunan. Sebagai laporan, secara online saat ini telah terhimpun sebanyak 137 usulan dari masyarakat yang akan menjadi bahan pembahasan selanjutnya.

Diharapkan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Provinsi Bengkulu Tahun 2022 ini dapat menjadi wadah untuk menampung aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan  terhadap prioritas dan sasaran pembangunan ditahun 2022.