Visi BAPPEDA dirumuskan dengan memperhatikan visi Kepala Daerah yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ( RPJMD ) Provinsi Bengkulu Tahun 2015-2021 yaitu “TERWUJUDNYA BENGKULU YANG MAJU, SEJAHTERA, BERMARTABAT DAN BERDAYA SAING TINGGI” Berdasarkan pada visi Provinsi Bengkulu diatas, visi BAPPEDA ditetapkan sebagai berikut : “Terwujudnya Sumberdaya Perencana, Peneliti yang handal dan terpercaya berbasis penguasaan teknologi dalam menghasilkan dokumen perencanaan untuk mewujudkan Bengkulu yang Maju, Sejahtera, Bermartabat dan Berdaya Saing”
Visi tersebut mengandung maksud bahwa Bappeda Provinsi Bengkulu merupakan satu-satunya Lembaga/Organisasi perencanaan pembangunan daerah di Provinsi Bengkulu yang dipercaya oleh Pengambil Keputusan (Gubernur) dalam bertugas menyusun dan merumuskan kebijakan perencanaan pembangunan daerah Provinsi Bengkulu serta di dukung oleh sumber daya manusia yang handal dan kompetitif dalam bidangnya untuk menghasilkan produk rumusan kebijakan perencanaan pembangunan daerah yang berkualitas.
Untuk mewujudkan visi tersebut telah dirumuskan dalam 5 misi sebagai berikut :

  1. Mewujudkan Perencanaan Pembangunan Daerah Jangka Pendek, Jangka Menengah dan Jangka Panjang yang tanggap terhadap perubahan dan partisipatif serta berwawasan lingkungan.
  2. Mengembangkan koordinasi dalam rangka penyusunan, pelaksanaan, pengendalian, evaluasi program serta penelitian pengembangan.
  3. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mendukung terwujudnya e-government.
  4. Mengembangkan sistem evaluasi, monitoring, pelaksanaan pembangunan.
  5. Mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia serta melengkapi sarana dan prasarana kerja.